Review jurnal: PEMBELIAN ONLINE LEWAT INTERNET
MAKALAH
“REVIEW JURNAL : PERILAKU PEMBELIAN MELALUI INTERNET”
DISUSUN OLEH:
KELOMPOK 4
2PA03
ANANDA LEVANI SUSILO (10517645)
ANISA YUNIA RAHMAWATI (10517792)
ARMAN FADHILA (10517971)
IQRA DAREL FARIED JUNIOR (16517719)
RHISYA ARIVIA PRABOWO (16517568)
SYAPUTRA PRATAMA (15517845)
JURUSAN PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA\
DEPOK
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kehadiran Allah SWT atas segala rahmat dan karunia –Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat serta salam tak lupa kami panjatkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat, dan para umatnya yang insyaallah setia sampai akhir jaman. Makalah yang berjudul “Review Jurnal: Perilaku Pembelian Melalui Internet” disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Softskill Psikologi dan Teknologi Internet.
Dalam penyusunan makalah ini, kami berusaha semampu mungkin agar mencapai hasil yang maksimal, walau kami tahu tidak ada yang sempurna. Kami berterima kasih kepada Ibu Ade Irma Suryani selaku dosen pembimbing mata kuliah Soft Psikologi dan internet.
Kami yakin dalam penyusunan makalah ini, masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat kami butuhkan untuk dapat menyempurnakannya di masa yang akan datang. Semoga apa yang ada pada makalah ini dapat bermanfaat bagi sema pembaca.
Depok, 1 Mei 2019
Hormat Kami
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................ i
DAFTAR ISI ........................................................................................... ii
A. JUDUL ........................................................................................ 1
B. JURNAL ..................................................................................... 1
C. VOLUME & HALAMAN ......................................................... 1
D. TAHUN ....................................................................................... 1
E. PENULIS .................................................................................... 1
F. REVIEWER ................................................................................. 1
G. TANGGAL ................................................................................. 1
H. TUJUAN PENELITIAN ........................................................... 1
I. SUBJEK PENELITIAN ............................................................ 1
J. METODE PENELITIAN .......................................................... 2
K. HASIL PENELITIAN ............................................................... 2
L. KESIMPULAN .......................................................................... 2
M. SARAN DARI KELOMPOK .................................................... 2
DAFTAR ISI ...........................................................................................
ii
A. JUDUL
PERILAKU PEMBELIAN MELALUI INTERNET
B. JURNAL
Manajemen dan Kewirausahaan
C. VOLUME & HALAMAN
Vol 17 & 109 – 112
D. TAHUN
2015
E. PENULIS
Ibnu Widiyanto dan Prasilowati
F. REVIEREW
Kelompok 4
v Ananda Levani Susilo (10517645)
v Anisa Yunia Rahmawati (10517792)
v Arman Fadhila (10517971)
v Iqra darel Faried J
v Rhisya Arivia Prabowo (16517568)
v Syaputra Pratama (15517845)
G. TANGGAL
30 April 2019
H. TUJUAN PENELITIAN
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik bagaimana perilaku pembelian melalui internet.
I. SUBJEK PENELITIAN
Terdapat 100 subjek dalam penelitian ini. Subjek mayoritas laki-laki berusia di bawah 36 tahun, berpendidikan di atas SMA dan memiliki pekerjaan,mahasiswa dan wiraswasta.Subjek adalah mereka yang telah berpengalaman dalam berinteraksi online dengan metode pembayaran melalui ATM dan pengeluaran sekitar Rp 500,000 sampai dengan Rp1.000.000, alas an mereka membeli online adalah proses pembelian mudah dan cepat.
1
J. METODE PENELITIAN
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Populasi dan sampling design.
K. HASIL PENELITIAN
1. Faktor Penyebab Tertinggi Belanja online\
a. Faktor penyebab tertinggi adalah reputasi vendor. Besarnya pengaruh adalah 0,43. Ini berarti besarnya pengaruh reputasi terhadap keputusan belanja online adalah 0,43.
b. Faktor kedua adalah kemenarikan desain website. Ini berarti rancangan desain website harus dibuat semenarik mungkin.
c. Faktor ketiga adalah kemudahan dalam bertransaksi online.
L. KESIMPULAN
- KELEBIHAN
Kelebihan jurnal ini adalah menampilkan berbagai tokoh dan memberikan bentuk penelitian yang detail sehingga dapat diketahui darimana hasil penelitian tersebut di dapat.
- KEKURANGAN
Penyebaran angket kurang meluas untuk mencakup sistem online yang bersifat 24/7 dan tanpa batas waktu dan wilayah.
M. SARAN DARI KELOMPOK
Dalam penyebaran angket diharapkan mencakup lebih banyak responden agar hasilnya lebih bervariatif dan variasi yang di fokus pada satu atau dua jenis situs sehingga dapat lebih melebar.
2
DAFTAR PUSTAKA
Widayanto dan Prasilowati, W P. (2015). Perilaku pembelian melalui internet.Jurnal Management dan Kewirausahaan, 17 (2), 109.doi: 10.9744/jmk.17.2.109.112
Komentar
Posting Komentar